KETUA

Panggilan Ghoib

Daftar nama pihak berpekara yang sekarang tidak diketahui alamatnya di Wilayah RI :
=====================

Lihat Selengkapnya

Info Lainnya

Kalender Hijriah

Waktu sholat untuk Majene, Indonesia. Widget Jadwal Sholat oleh Alhabib.
Home Informasi Umum Berita Suksesnya Mediasi Perkara Gugatan Harta Bersama di PA Mamuju
Suksesnya Mediasi Perkara Gugatan Harta Bersama di PA Mamuju PDF Cetak E-mail
Oleh admin   
Kamis, 08 Mei 2014 00:00 | Tampil : 7531 kali.

Seorang Mediator dari Hakim Pengadilan Agama Mamuju pada hari Rabu, 7 Mei 2014 telah berhasil menyelesaikan sengketa harta bersama melalui jalur mediasi.

Foto : Mohamad Arif, S.Ag., M.H.

Mohamad Arif, S.Ag., M.H. mediator yang dipilih oleh para pihak dalam perkara harta bersama nomor 61/Pdt.G/2014/PA.Mmj setelah menempuh dua kali proses mediasi akhirnya memfinalkan kesepakatan damai yang diajukan oleh kedua belah pihak. Dimana obyek sengketa dalam perkara tersebut telah dapat dibagi secara damai oleh kedua belah pihak dengan bantuan mediator, yang kemudian oleh Majelis Hakim yang menangani perkara tersebut dikukuhkan dalam Akta Perdamaian.

Ini merupakan keberhasilan mediasi yang pertama kali untuk sengketa harta bersama di Pengadilan Agama Mamuju dalam tahun 2014.

“intinya mediator harus bisa memberi pengertian dahulu kepada para pihak tentang pokok permasalahan yang sebenarnya, dan bila perlu diadakan kaukus untuk mengetahui hal-hal yang paling krusial, sehingga saat dipertemukan para pihak dapat secara jernih berpikir, memilah dan bersepakat sesuai dengan kehendaknya tanpa ada pihak yang merasa dikalahkan oleh pihak yang lain ataupun sebaliknya” demikian kata Mohamad Arif, S.Ag.,M.H. di sela-sela kesibukannya setelah melakukan proses mediasi.

Foto : Mediator bersama para pihak yang dimediasi setelah penandatanganan Akta perdamaian

Mendengar berita keberhasilan mediasi ini, Ketua Pengadilan Agama Mamuju Drs. Adaming, S.H., M.H. mengucapkan syukur dan memberikan apresiasi kepada Mediator tersebut dan berharap ini menjadi preseden baik bagi lembaga mediasi dimasa yang akan datang, karena mediasi menjadi suatu alternatif penyelesaian sengketa di Pengadilan, mengingat penyelesaian secara litigasi hanya menjangkau sisi yuridisnya, namun tidak menjangkau sisi psikologis yang amat fundamental yang itu bisa dijangkau melalui lembaga mediasi.

 


Security code
Refresh

PENGUNJUNG

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1235
mod_vvisit_counterKemarin1236
mod_vvisit_counterMinggu ini9723
mod_vvisit_counterMinggu lalu12822
mod_vvisit_counterBulan ini38396
mod_vvisit_counterBulan lalu39580
mod_vvisit_counterKeseluruhan338452
Visitors Counter


Postingan Terbaru

Berita Badilag


PENGADILAN AGAMA MAMUJU - Hakcipta © 2010 - 2019. Semua Hak Dilindungi.