PA mamuju removebg preview

Sesuai dengan amanat dari Mahkamah Agung dan juga untuk menjawab tuntutan dari masyarakat luas mengenai ketersediaan akses yang terbuka dan transparan dari lembaga peradilan, Pengadilan Agama Mamuju bertekad untuk membuka akses kepada publik sehingga diharapkan masyarakat dapat memperoleh informasi sesuai yang diharapkan.Dengan hadirnya website ini diharapkan dapat menunjang program transparansi informasi Peradilan dan sebagai implementasi dari Undang Undang Republik Indonesia Nomor : 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan SK KMA Nomor : 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan, khususnya informasi tentang proses peradilan, jadwal sidang, publikasi putusan, sarana dan prasarana serta informasi lain yang dibutuhkan oleh pihak-pihak yang mencari keadilan.

on . Hits: 45

 WhatsApp Image 2024 05 27 at 14.03.48

Bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Mamuju, dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan khususnya di wilayah-wilayah terpencil di Kabupaten Mamuju, Pengadilan Agama Mamuju melakukan penandatanganan MoU dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mamuju dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada Rabu (22/5) sore.

 0000mou

Ketua Pengadilan Agama Mamuju, Muhammad Natir, S.H.I., SH. Didampingi Firlyanti Komalasari Mallarangan, S.H.I., Selaku Wakil Ketua PA Mamuju M. fauzan, S.Ag., M.H., Selaku Panitera PA Mamuju, dan dihadiri oleh para hakim dan pegawai Pengadilan Agama Mamuju untuk menghantarkan hasil MoU tentang sidang keliling di wilayah terpencil di Kabupaten Mamuju tersebut. Selain itu, datang dan hadir secara langsung Dr. H. Mustapa Tangngali, S.Ag., M.H., selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mamuju serta Agung Pattola Mustar Lazim, AP., S.Ip., selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mamuju.

WhatsApp Image 2024 05 27 at 14.03.49

Seremonial tersebut diawali dengan pembukaan, kemudian sambutan Kepla Disdukcapil Kabupaten Mamuju, lalu Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Mamuju, kemudian Ketua PA Mamuju, dan dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama oleh ketiga belah pihak. Dalam sambutannya, Ketua PA Mamuju menyatakan rasa gembira dan terima kasih atas tercapainya perjanjian kerjasama ini, karena hal tersebut telah dirintis sekian lama baru saat ini bisa terwujud. Perjanjian kerjasama ini pada pokoknya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan, yakni percepatan dan penyederhanaan pencatatan perkawinan oleh Pegawai Pencatat Nikah Kantor Urusan Agama (KUA) setelah ditetapkannya permohonan itsbat nikah maupun dispensasi nikah. Setelah dicapainya perjanjian kerjasama ini, perkara dispensasi nikah maupun Itsbat Nikah yang dikabulkan oleh Pengadilan Agama Mamuju, salinannya akan langsung dikirimkan via email kepada Kantor Urusan Agama (KUA) tempat perkawinan tersebut dan status perkawinan para pihak berpekara akan dicatatkan dalam identitas kependudukannya oleh kantor disdukcapil Kabupatenb Mamuju, yang hal itu tentu sangat menguntungkan pencari keadilan karena prosedur pencatatan menjadi lebih cepat. sederhana, dan terpadu.

WhatsApp Image 2024 05 27 at 14.03.49 2

Dalam sambutan dari Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Mamuju, juga menyatakan kegembiraan serta apresiasi yang tingi atas dicapainya kerjasama ini. Selain sebagai langkah riil untuk mewujudkan kualitas layanan prima untuk masyarakat pada ketiga lembaga juga khususnya bagi kedua Lembaga Kementerian Agama dan Pengadilan Agama sebagai wujud mempererat silaturahmi dan komunikasi, dimana komunikasi tersebut sangatlah penting selain karena latar belakang sejarah yang sama juga karena core bisnis proses sangatlah dekat dan saling berhubungan, terutama Kepala Kementrian Agama Kabupaten Mamuju juga mengungkapkan harapannya agar kerjasama ini dapat segera diperluas pada hal-hal lainnya.

OMUOA

Selain itu, Kepala Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam sambutannya menyampaikan apresiasi sedalam-dalamnya atas inisiatif Pengadilan Mamuju yang bersedia dan mengajak dalam Pelayanan Terpadu melalui siding keliling dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Kantor Kementerian Agama. Menurut, Kepala Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil masih banyak warga yang belum memiliki kelengkapan berkas administrasi kependudukan yang sangat akan dibutuhkan di masa yang akan datang, seperti akta kelahiran dan berkas administrasi kependudukan lainnya.

OOMIIII

Setelah berbagai rangkaian acara sambutan, dilanjut dengan acara penandatanganan kerjasama, lalu pembacaan doa. Acara selanjutnya diakhiri dengan ramah tamah dan foto bersama. Diharapkan semoga sinergi dan kerjasama ini bisa terus terjalin untuk memberikan layanan prima dan terpadu kepada Masyarakat secara cepat, sederhana, dan biaya ringan.

(gibi)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Mamuju

Jl. K.S. Tubun No.68 Mamuju

Sulawesi Barat

Telp : (0426) 21069 - 21640

Email :This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Peta Lokasi

 

Tautan Aplikasi

Copyright TIM IT Pengadilan Agama Mamuju Kelas IB @2023