PA mamuju removebg preview

Sesuai dengan amanat dari Mahkamah Agung dan juga untuk menjawab tuntutan dari masyarakat luas mengenai ketersediaan akses yang terbuka dan transparan dari lembaga peradilan, Pengadilan Agama Mamuju bertekad untuk membuka akses kepada publik sehingga diharapkan masyarakat dapat memperoleh informasi sesuai yang diharapkan.Dengan hadirnya website ini diharapkan dapat menunjang program transparansi informasi Peradilan dan sebagai implementasi dari Undang Undang Republik Indonesia Nomor : 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan SK KMA Nomor : 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan, khususnya informasi tentang proses peradilan, jadwal sidang, publikasi putusan, sarana dan prasarana serta informasi lain yang dibutuhkan oleh pihak-pihak yang mencari keadilan.

on . Hits: 62

PEMBINAAN DAN PENGAWASAN OLEH HATIWASDA PENGADILAN TINGGI AGAMA MAKASSAR DI PENGADILAN AGAMA MAMUJU KELAS IB

Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Makassar, dalam hal ini Hakim Tinggi Pembina dan Pengawas Daerah (Hatiwasda), melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap Pengadilan Agama Mamuju Kelas IB. Tim yang terdiri dari YM Drs. H. Rusman Mallapi, S.H., M.H. (ketua), Hartanto, S.H. (anggota), dan Harun Aditama, S.H. (sekretaris), mendarat di bumi Manakarra pada Senin sore (27/6), disambut hangat oleh jajaran pimpinan Pengadilan Agama Mamuju.

bandara

Selasa (28/6), sebelum berangkat ke kantor, terlebih dahulu tim pembinaan dan pengawasan meninjau tanah yang dialokasikan untuk pembangunan calon Pengadilan Tinggi Agama (PTA) wilayah Sulawesi Barat. Setelah cukup, barulah tim menuju kantor Pengadilan Agama Mamuju dan melaksanakan tugas pembinaan dan pengawasannya. Pemeriksaan pun berlangsung di setiap area. Mulai dari manajemen peradilan, administrasi perkara, administrasi persidangan dan pelaksaan putusan, administrasi umum, dan kinerja pelayanan publik.

tinjau tanah pta

 

Saat jeda istirahat, seluruh pegawai mengikuti ibadah shalat zuhur berjama’ah, tidak terkecuali tim pembinaan dan pengawasan. Saat itulah YM Drs. H. Rusman Mallapi, S.H., M.H., berkesempatan menyampaikan kultum sebagaimana imbauan Ditjen Badilag Mahkamah Agung RI melalui Surat Nomor: 2202/DJA/HM.00/4/2022.

jamaah 1

 

Rangkaian kegiatan pembinaan dan pengawasan Pengadilan Agama Mamuju berlanjut dalam agenda ekspos hasil pengawasan bertempat di Ruang Sidang Utama, Rabu (29/6). Sebelum ekspos dimulai, Ketua Pengadilan Agama Mamuju, YM Dr. Mukhtaruddin Bahrum, S.H.I., M.H.I., terlebih dahulu membuka dengan sambutan singkat. Pemaparan diawali oleh Harun Aditama, S.H., kemudian disambung oleh Hartanto, S.H., lalu diakhiri oleh YM Drs. H. Rusman Mallapi, S.H., M.H. Secara garis besar, tim pembinaan dan pengawasan mengapresiasi kinerja Pengadilan Agama Mamuju. Namun demikian, demi meningkatkan kualitas lembaga peradilan, tim pembinaan dan pengawasan menyampaikan catatan perbaikan yang wajib ditindaklanjuti dalam tenggat waktu 30 (tiga puluh) hari ke depan.

ekspos awal

 

Setelah poin-poin ekspos rampung, YM Drs. H. Rusman Mallapi, S.H., M.H., mengadakan focus group discussion (FGD) terhadap studi kasus perkara yang telah beliau siapkan. Atas pembagian kelompok dari YM Dr. Mukhtaruddin Bahrum, S.H.I., M.H.I., masing-masing menyampaikan pendapat atau pandangan di hadapan tim pembinaan dan pengawasan. Diskusi pun berlangsung interaktif.

Ketika semua agenda telah selesai, YM Drs. H. Rusman Mallapi, S.H., M.H., selaku ketua tim mengutarakan rasa terima kasihnya kepada seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Mamuju Kelas IB. Tidak lupa pula beliau menghaturkan permohonan maaf apabila selama menjalankan tugas terdapat kesalahan. Hal tersebut langsung mendapat tanggapan dari Ketua Pengadilan Agama Mamuju. YM Dr. Mukhtaruddin Bahrum, S.H.I., M.H.I., pun tak kurang-kurangnya mengucap terima kasih atas arahan dan ilmu yang telah diberikan oleh tim pembinaan dan pengawasan PTA Makassar. Sejurus dengan YM Drs. H. Rusman Mallapi, S.H., M.H., YM Dr. Mukhtaruddin Bahrum, S.H.I., M.H.I., juga meminta maaf apabila keluarga besar Pengadilan Agama Mamuju terdapat khilaf kata atau perilaku.

Akhir dari rangkaian tersebut ditutup dengan sesi foto bersama, sebelum akhirnya tim pembinaan dan pengawasan bertolak menuju Pengadilan Agama Pasangkayu.

ekspos akhir.jpeg

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Mamuju

Jl. K.S. Tubun No.68 Mamuju

Sulawesi Barat

Telp: (0426) 21069 - 21640

Email :This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Maps2

Tautan Aplikasi

Copyright TIM IT Pengadilan Agama Mamuju Kelas IB @2020