PA mamuju removebg preview

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court Mahkamah Agung RI

Layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara Secara Online, Pembayaran Secara Online dan Pemanggilan dilakukan dengan saluran elektronik
e-Court Mahkamah Agung RI

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi
Zona Integritas
Sesuai dengan amanat dari Mahkamah Agung dan juga untuk menjawab tuntutan dari masyarakat luas mengenai ketersediaan akses yang terbuka dan transparan dari lembaga peradilan, Pengadilan Agama Mamuju bertekad untuk membuka akses kepada publik sehingga diharapkan masyarakat dapat memperoleh informasi sesuai yang diharapkan.Dengan hadirnya website ini diharapkan dapat menunjang program transparansi informasi Peradilan dan sebagai implementasi dari Undang Undang Republik Indonesia Nomor : 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan SK KMA Nomor : 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan, khususnya informasi tentang proses peradilan, jadwal sidang, publikasi putusan, sarana dan prasarana serta informasi lain yang dibutuhkan oleh pihak-pihak yang mencari keadilan.

E-Court Layanan Bagi Pengguna Terdaftar Untuk Pendaftaran Perkara Secara Online (E-Filling), Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara Secara Online, Pembayaran Secara Online (E-Payment), Pemanggilan Yang Dilakukan Dengan Saluran Elektronik (E-Summons), Dan Persidangan Yang Dilakukan Secara Elektronik (E-Litigation)

E-FILLING E-FILLING E-PAYMENT E-PAYMENT E-COURT E-SUMMONS

 

 

PA Mamuju111

 

[HOAKS] PENGADILAN AGAMA DI MAMUJU DIDUGA ADA OKNUM LAKUKAN PUNGLI

Seiring dengan viralnya kembali berita “Modus Pelaku Pungli di Pengadilan Agama Mamuju” yang diberitakan oleh tagar.id, (https://www.tagar.id/modus-pelaku-pungli-di-pengadilan-agama-mamuju), dan (https://mattanews.co/pengadilan-agama-di-mamuju-diduga-ada-oknum-lakukan-pungli/), pada hari Senin, tanggal 21 September 2020, maka saya, Dr. H. Muh. Arasy Latif, Lc., M.A. (Ketua Pengadilan Agama Mamuju) perlu menyampaikan klarifikasi sebagai berikut:

  1. Bahwa Pengadilan Agama Mamuju sebagai salah satu pelaksana kekuasaan kehakiman di bawah lembaga Makhamah Agung RI atau lembaga yudikatif (vide Pasal 18 UU 48/2009), dalam menangani perkara dengan “asas beracara dikenakan biaya” (Vide Pasal 145 ayat (4) R.Bg);
  2. Bahwa kasus dugaan adanya pungli di Pengadilan Agama Mamuju tersebut sudah ditindaklanjuti oleh Tim Hakim Pengawas Daerah (Hatiwasda) Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Makassar pada tanggal 14 Oktober 2020;
  3. Bahwa Tim Hatiwasda PTA. Makassar telah memanggil dan memeriksa pihak-pihak terkait termasuk pihak Pemohon (Hamzah);
  4. Bahwa dalam pemeriksaan tersebut Pemohon (Hamzah) mengakui dan meminta maaf karena alamat yang ditulis dalam surat permohonan cerai talaknya bukan tempat tinggalnya yang sebenarnya, tetapi hanya menumpang (tinggal sementara) sehingga yang bersangkutan tidak dikenal oleh masyarakat disekitarnya;
  5. Bahwa Pemohon (Hamzah) setelah diberi penjelasan tentang hukum acara yang berlaku, justeru yang bersangkutan mengucapkan “terima kasih” karena perkaranya telah diputus “gugur” pada persidangan pertama, sehingga masih ada sisa panjar biaya perkara yang telah dibayarkan;
  6. Bahwa oleh karena alamat Pemohon (Hamzah) yang sebenarnya lebih jauh dari alamat yang ditulis dalam surat permohonan sebelumnya (beda kabupaten), sehingga jika mendaftar lagi, maka panjar biaya perkara yang harus dibayarkan jumlahnya lebih besar dari panjar biaya perkara yang dibayarkan sebelumnya.
  7. Bahwa berdasarkan uraian di atas, maka berita terkait  adanya dugaan “pungli” tersebut adalah tidak benar;
  8. Bahwa harapan kami seyogyanya berita-berita terkait dengan dunia peradilan di Provinsi Sulawesi Barat hendaknya disuguhkan secara profesional dengan bahasa hukum yang tepat, sehingga marwah insan-insan pers di Sulawesi Barat tidak direndahkan, dengan liputan berita-berita yang bias tanpa validasi data. 

Demikian klarifikasi ini disampaikan, semoga dapat memulihkan nama baik Pengadilan Agama Mamuju dan Badan Peradilan Agama pada umumnya.

Add comment


Security code
Refresh

  • Prosedur Bantuan Hukum
  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Pengaduan

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

posbakumMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Selengkapnya

Tata Cara Permohonan Informasi

typo colorSecara umum tatacara memperoleh layanan informasi adalah sebagai berikut a. Prosedur Biasa; dan b. Prosedur Khusus. a. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik; b. Informasi yang diminta bervolume besar; c. Informasi yang diminta belum tersedia; atau d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik

Selengkapnya

Syarat Dan Tata Cara Pengaduan

pengaduanSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

Selengkapnya

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Mamuju

Jl. K.S. Tubun No.68 Mamuju

Sulawesi Barat

Telp: (0426) 21069 - 21640

Email :This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Maps2

Tautan Aplikasi

Copyright TIM IT Pengadilan Agama Mamuju Kelas IB @2020