PA mamuju removebg preview

Written by Super User on . Hits: 204

Petunjuk Fitur Responsive Voice dan Widget Accessibility di Website Pengadilan Agama Mamuju Kelas IB

Menindaklanjuti Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama (Dirjen Badilag) Nomor 206/DJA/SK/I/2021 Tentang Standar Pelayanan Bagi Penyandang Disabilitas di Lingkungan Peradilan Agama, kini website Pengadilan Agama Mamuju Kelas IB sudah dilengkapi dengan fitur aksesibilitas bagi penyandang disabilitas. Penambahan fitur ini merupakan wujud dari komitmen Pengadilan Agama Mamuju Kelas IB dalam memenuhi aksesibilitas website untuk mendukung penyampaian dan penerimaan informasi yang baik terutama bagi penyandang disabilitas.

Terdapat dua fitur utama yaitu responsive voice dan widget accessibility

Fitur Responsive Voice (pembaca layar) adalah fitur untuk mengubah teks menjadi suara, berguna untuk membantu penyandang disabilitas tuna netra dalam memahami informasi yang ada pada website. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat mendengarkan teks yang telah diseleksi (dipilih) sehingga memudahkan dalam membaca informasi yang tersedia. Cara kerja dari responsive voice adalah dengan memilih teks atau kalimat yang akan didengarkan dengan menggunakan cursor mouse. Tunggu beberapa saat sampai sistem pembacaan teks berjalan sehingga akan terdengar suara dari narator berdasarkan teks yang dipilih.

widget removebg preview

WhatsApp_Image_2022-10-26_at_11.05.10.jpg

 Widget Accessibility adalah menu aksesibilitas yang disediakan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada tuna netra low vision pada saat membaca tulisan yang ada di website. Cara menggunakan widget accessibility sangat mudah, yaitu hanya dengan klik ikon disabilitas yang berada di tengah kanan pada halaman website Pengadilan Agama Mamuju Kelas IB. Selanjutnya pilih menu aksesibilitas sesuai dengan kebutuhan pengguna saat membaca, seperti mengubah kontras dan saturasi warna, menandai tautan link, memperbesar ukuran teks dan kursor, menambahkan garis bantu baca, dan lain sebagainya.

  widget 2

 

Dengan penambahan fitur disabilitas tersebut, diharapkan dapat membantu penyandang disabilitas untuk mendapatkan layanan informasi. Hal ini sejalan dengan upaya Pengadilan Agama Mamuju Kelas IB untuk terus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan, termasuk penyandang disabilitas. 

Untuk informasi lebih lengkap, silakan donwload manual book petunjuk penggunaan fitur aksesibilitas web yang telah dilengkapi dengan audio dengan cara klik di sini atau scan QR code di bawah ini:

 

flipbook qr

Tautan Aplikasi

Copyright TIM IT Pengadilan Agama Mamuju Kelas IB @2020